Momentum of Change

I'm back. And I bring some more stories up, right in the middle of the night. -singing Bedroom Warfare - ONE OK ROCK-

Ngomongin soal liburan, semenjak gue menyelesaikan SMA dan lulus dengan nilai yang belum diketahui, gue mengawali liburan dengan sepaket acara yang bikin gue males semales-malesnya.

Farewell trip to Yogyakarta. Family trip to commemorate my Grandma's 100 Day in Bangka. Then Prom Night. Trip perpisahan ke Yogyakarta cukup membuat gue senang sekaligus sedih. Senang karena bisa dapet uang jajan dan duitnya dipake cuma buat makan di sana, sedih karena gue ngerasa terabaikan.

Jumat lalu gue ke Bangka sama keluarga buat mengenang 100 hari berpulangnya nenek tercinta ke pangkuan Tuhan. 3 hari pertama enak, bisa makan terus, gaenaknya harus dateng nemuin saudara jauh yang banyak banget, cukup buat gue mual sepanjang perjalanan. Hari ke-lima dan hari di mana gue akan pulang, gue malah sakit perut. 13 kali ke kamar mandi cuma buat persembahan (baca: diare). Mungkin gue kebanyakan makan.

Prom Night. Satu hal yang gue gamau ikutin dari acara ini adalah pesta dansa. Syukur aja gaada ya malem ini. Karena kalo ada pesta dansa, gue pasti di suruh untuk cari pasangan, dan otomatis harus lawan jenis. I'm so unfortunately unlucky for this. Terus ada sesi foto, sesi makan, sesi permainan, sampe sesi bagi penghargaan buat yang dapet prestasi tertinggi di angkatan gue.

Ada satu sesi, di mana semua alumni angkatan gue maju ke depan panggung, dan salah seorang MC bilang kalo kami semua boleh ngutarain hal-hal apa aja yang mau kami ucapin dan ga pernah tersampaikan sebelomnya.

Gue hampir mau ambil mic dan ngutarain isi hati gue, sampe akhirnya gue memilih untuk ga mengatakannya. I know I'm a coward, but I gotta say that by typing into a page of letter is the only way I can express my feelings, because there's just no one who would listen to all of my babbling.

So here it is. What I'm gonna say before.

"Nama saya Peter dari XII IPA 1. Pertama-tama saya mau ngucapin banyak terima kasih buat guru-guru yang udah membawa kami semua para murid sampai di titik di dimana kami bisa menikmati hasil dari perjuangan selama 3 tahun bersekolah dan belajar dari kalian. Saya mau ngucapin terima kasih juga buat temen-temen semua yang udah sama-sama berjuang sampe akhir dan kita bisa lulus bareng-bareng. Saya juga mau berterima kasih buat temen-temen yang bener-bener peduli dengan saya. Mario, Nikodemus, Fiandre, Ferdian. Merekalah yang saya kagumi, mereka selalu mengingatkan dan menguatkan saya ketika saya terjatuh. Dan yang terakhir, untuk Hazel. Gue mau minta maaf sebesar-besarnya ke lu, Mungkin cara gue bertingkah laku, cara gue ngomong, atau apapun itu udah ngebuat lu terluka secara fisik atau batin. Tapi gue mau lu tau satu hal, meskipun lu benci gue, bahkan setelah gue ngomong ini, gue gabakal benci sama lu. Sorry kalo gue pernah suka sama lu, karena sampe sekarang masih. Gsue cuma berharap lu bisa maafin gue, itu udah cukup. Makasih.."

Apa hubungannya sama judul gue? Sabar.

Gue belajar banyak banget cuma dari 1 bulan terakhir. Gue tau persis rasanya diabaikan, gue tau persis rasanya berpisah dari orang yang kita kenal deket dan bahkan kita kasihi, dan gue tau persis gimana cara menjaga pola makan biar ga sakit-sakitan. Gue juga belajar kalo seharusnya gue lebih terbuka waktu gue pertama kali masuk sekolah baru ini. Harusnya gue belajar untuk menahan diri dan ga cepet meledak ketika diganggu. Gue belajar kapan harus bercanda dan kapan harus serius kalo lagi bareng temen-temen kelas. Gue belajar untuk gaboleh kepo, apalagi sama orang yang belom deket banget. Terkadang, kalo kita berlagak sok deket sama orang yang ga deket sama kita, perasaan mereka bisa tersakiti.

Dan gue tau, gimana rasanya perpisahan sesungguhnya. Gabisa ketemu temen sebangku depan belakang di kelas, gabisa ngeliat orang yang pernah gua sukai waktu sekolah, dan gapernah dapet kesempatan buat ngutarain perasaan itu, karena selama ini pasti bocor sama orang-orang. Yah, sebagian juga salah gue, karena gue selalu cerita ke orang kalo gue suka sama seseorang.

Gue tau persis kelemahan gue. Dan cuma saat-saat kayak gini yang buat gue merasa kalo temen-temen sekitar gue berusaha untuk mengubah kelemahan itu, sedikit demi sedikit. Walau sekarang belom keliatan, tapi value yang gue dapet pasti gue kenang dan gue pake buat perkembangan diri gue sendiri.

Jujur gue orang yang bandel banget, tapi gue yakin gue juga bisa berubah, jadi orang yang lebih baik buat masa depan gue sendiri. Mungkin ini dulu yang bisa gue sampaikan. Otak gue udah gue kosongin buat ngisi ini. Saatnya leveling~

Adios, may we meet again in the next post~

Comments